•  Bazar Murah di TKIT-SDIT Tahfizhul Quran Sabilul Haq
    Bazar Murah di TKIT-SDIT Tahfizhul Quran Sabilul Haq
  • Kondisi Terkini Pembangunan SDIT Tahfizhul Quran Sabilul Haq
    Kondisi Terkini Pembangunan SDIT Tahfizhul Quran Sabilul Haq
  • Amal Jariyah = Salah satu amal yang tidak terputus
    Amal Jariyah = Salah satu amal yang tidak terputus
  • Donasi Biaya Operasional & Biaya Lanjutan Pembangunan Sekolah TKIT & SDIT Tahfizhul Qur’an Sabilul H
    Donasi Biaya Operasional & Biaya Lanjutan Pembangunan Sekolah TKIT & SDIT Tahfizhul Qur’an Sabilul H
  • Kajian Rutin
    Kajian Rutin
  • Video Profil Sabilul Haq
    Video Profil Sabilul Haq

TKIT dan SDIT Tahfizhul Quran Sabilul Haq

Segala puji hanya bagi Allah, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.
Kami bersaksi bahwasanya tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, dan kami bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah hamba dan Rasul-Nya. Semoga shalawat dan salam Allah curahkan kepada Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam, keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang berpegang teguh dengan sunnahnya sampai datang hari Akhir. Amma ba’du:
Islam, agama yang sempurna, sangat memperhatikan pertumbuhan generasi. Untuk itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah memerintahkan kita agar memilih istri shalihah, penuh kasih sayang dan banyak keturunannya. Dari istri-istri yang shalihah ini, diharapkan terlahir anak-anak yang shalih-shalihah, kokoh dalam beragama. Sehingga Islam menjadi kuat dan musuh merasa gentar. Demikianlah, ibu memiliki peran yan dominan dalam membangun pondasi dan mencetak generasi, karena dialah yang akan mendidik anak-anak dalam ketaatan dan ketakwaan kepada Allah subhanahu wata’ala.
Perhatian Islam lainnya yang terkait dan ikut berpengaruh adalah pendidikan anak, dimana keberhasilan pendidikan seorang anak akan menghasilkan kebaikan dan ketaatan serta memiliki manfaat dan pengaruh yang besar bagi para orang tua, baik ketika masih hidup maupun sesudah meninggal dunia. Hal ini sebagaimana sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam:
“Jika seorang manusia meninggal, maka terputuslah amalnya kecuali karena tiga hal: sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat dan seorang anak shalih yang mendo’akannya.”
(HR. Muslim no. 1631 dari Abu Hurairah radhiyalahu anhu)

Anak merupakan amanah Allah Ta’ala yang harus dipertanggung jawabkan di hadapan-Nya. Pendidikan Anak juga merupakan program pemerintah Departemen Pendidikan Nasional dan Kebudayaan.

Anak yang shalih adalah hasil usaha yang harus dipersiapkan, diolah dan diperjuangkan untuk dididik agar memiliki kemampuan dalam mengemban tugas ibadah kepada Allah Ta’ala, karena ia nanti akan menghadapi tantangan zaman yang nantinya berbeda dengan zaman orang tuannya.
Anak yang shalih merupakan impian semua orang tua, masyarakat serta negara yang sangat membutuhkan generasi yang memiliki aqidah yang benar, amal yang shalih, akhlak yang mulia, akal yang cerdas, fisik yang sehat dan kuat serta dekat dan cinta kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya.
Pendidikan anak hendaknya menjadikan kepribadian Rasul shallallaahu ‘alaihi wa sallam sebagai suri teladan bagi setiap anak dan pendidik muslim dalam seluruh aspek kehidupan. Setiap proses pendidikan seharusnya mengajak peserta didik untuk mengikuti jejak Salafus Shalih yaitu para Sahabat Nabi, Tabi’in dan Tabiut Tabi’in. Selain itu penting pula memberi motivasi agar selalu bersanding dengan ulama dan orang-orang shalih. Tujuan pendidikan anak dalam Islam adalah untuk menyiapkan individu yang mampu mengemban tugas ibadah kepada Allah Ta’ala dan investasi manusia untuk kepentingan dunia dan akhirat.
Sebatas pengetahuan kami, saat ini belum ada sebuah lembaga pendidikan formal seperti SDIT yang berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah dan bermanhaj salaf dengan konsep sekolah alam di wilayah Kota Solok dan Kabupaten Solok yang berkualitas namun terjangkau biayanya. Di segi yang lain, banyak kaum muslimin yang sudah mengenal dakwah sunnah yang memiliki anak usia sekolah dasar, sangat berharap anak-anaknya dididik di sekolah Islam yang berkualitas.
Berangkat dari hal di atas, dengan senantiasa meminta pertolongan kepada Allah Ta’ala, kami merintis lembaga pendidikan dasar Islam yang berkualitas dalam bentuk Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) yang bernaung di bawah Yayasan Sabilul Haq.

Visi
TKIT dan SDIT Sabilul Haq menjadi sekolah unggulan yang mendidik generasi Islami bermanhaj salaf yang berakhlak mulia, mandiri dengan cara mengoptimalkan segala potensi yang dikaruniakan Allah pada setiap anak.

Misi

  • Membentuk peserta didik yang memiliki aqidah yang benar, amal yang shalih akhlak yang mulia, akal yang cerdas, fisik yang sehat dan kuat, serta dekat dan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.
  • Menyiapkan generasi Islami yang terampil, kreatif dan mandiri, berwawasan luas, memiliki kompetensi yang tinggi, memahami dan mengamalkan Islam dengan benar, serta mampu memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positif.
  • Mengantarkan siswa menuju jenjang lanjutan sekolah menengah unggulan.

Yayasan Sabilul Haq sekarang ini belum memiliki gedung/kantor sebagai pusat kegiatan operasional yayasan serta bangunan sekolah untuk pendidikan. Untuk mewujudkan berdirinya gedung tersebut maka dari Panita Pembangunan memerlukan biaya sebesar Rp.2.848.500.000, (Dua Milyar Delapan Ratus Empat Puluh Delapan Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

Semoga Allah memberikan Taufiq dan Pertolongan-Nya kepada kita sehingga kegiatan ini dapat terlaksana sesuai dengan yang direncanakan. Hanya bagi Allah lah segala pujian dan kepadanya-Nya tempat bergantung.

Wa shallallaahu ‘alaa Nabiyyina Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa sallam
Walhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamin

Please comment with your real name using good manners.

Leave a Reply